Duh, Perokok Pasif Ini Jadi Bisu dan Harus Bernapas Menggunakan Selang

 


Banyak pernyataan yang mengatakan jika menjadi seorang perokok pasif itu lebih berbahaya dibandingkan menjadi perokok aktif.

Ternyata pernyataan itu sudah terbukti benar adanya. Sebab, ada seorang pria yang sudah menjadi korbannya.

Ia terkena tumor pita suara  yang menyebabkan ia tidak bisa berbicara, dan hidungnya pun tidak lagi berfungsi.

Ceritanya ini dibagikan oleh akun Facebook, Samuel Sormin. Ia menceritakan tentang kisah pak Marmin yang menjadi korban perokok pasif.

Seperti dilansir Tribunnews.com, berikut ceritanya :

“Pesan Pak Marmin, pasien RSCM dari Lampung, teman sekamar di rumah singgah RSCM, sudah 2 bulan rawat inap, dan 2 bulan jg di rumah singgah RSCM utk kontrol.

Pak Marmin bekerja di bengkel, dianya sih ngak merokok, tapi teman2 nya selalu merokok.

Akhirnya pak Marmin yang kena tumor pita suara karena jadi perokok pasif, ngisap asap rokok teman2 nya. Pita suara diangkat, tenggorokan sama saluran kehidung diangkat semua, itu operasinya sampai setengah leher disayat (di bedah ) semua loh.

Hidung ngak ada gunanya lagi, jadi bisu. Nafas? ya itu, pakai selang yg lobang nya warna putih di leher. Kontrol radiasi itu seluruh leher disinari, panas, sampai hitam, pak Marmin nya ajacerita sambil ekspresi nyeri sakit..

Dengan gerak gerik mulut, sama tangan, dibantu terjemahan sama anak nya, pak Marmin pesan sebelum pisah di rumah singgah, “DE, JAUHI ROKOK YA, ASAP ROKOK JAUHI, FOTO SAJA BAPAK! TUNJUKIN SAMA TEMAN2 NYA, BIAR JANGAN MEROKOK LAGI.”

Kamu bisa bagikan kisah ini agar semuanya bisa berhati-hati saat berada di tempat umum atau sedang bersama dengan teman-teman yang merokok.





Sumber artikel 

0 Response to "Duh, Perokok Pasif Ini Jadi Bisu dan Harus Bernapas Menggunakan Selang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel